CARA MENJADI SEORANG DESAINER

5 Karakter yang harus dipenuhi jika kamu ingin menjadi seorang desainer grafis yang hebat.

1. Komunikasi
Tugas utama seorang desainer grafis adalah dapat mengkomunikasikan pesan dari brand/produk klien kepada target marketnya secara tepat. Namun, disamping itu kemampuan komunikasi juga dibutuhkan untuk dapat mempresentasikan, meyakinkan hingga melakukan persuasi terhadap klien  tentang suatu ide.
2. Rasa ingin tahu yang besar
Belajar akan lebih cepat dan lebih berhasil jika kamu memiliki rasa ingin tahu yang besar. Banyaklah bertanya pada diri sendiri saat kamu mencoba mendesain sesuatu. Kamu takkan bisa berjalan jauh di dunia ini, jika kamu tak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Seorang desainer grafis harus mau mencoba untuk melihat diluar konteks, mengekplorasi gambaran besar hingga detail-detail terkecil sekalipun.
3. Gairah (Passion)
Ada ungkapan bahwa design is a labour of love. Pekerjaan desain grafis melibatkan waktu-waktu yang relatif panjang untuk mengerjakan sebuah proyek, load pekerjaan yang cukup banyak, deadline yang tricky, hingga brief klien yang tidak jelas. Gairah untuk menghasilkan karya yang bagus adalah hal yang dapat membuatmu mau terus maju saat menghadapi situasi-situasi yang melelahkan.
4. Open minded
Open minded adalah karakter yang sangat penting saat kamu harus mencoba hal-hal baru yang mungin belum pernah dicoba sebelumnya. Selain itu, kemampuan ini juga akan menolong kamu untuk dapat menerima kritik dengan cara yang sehat. Sehingga kemampuanmu dapat bertumbuh pesat.
5. Reliability & problem solving
Klien tak hanya menginginkan talenta bagus, mereka butuh seseorang yang dapat mereka percaya bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk memecahkan masalah mereka. Banyak desainer grafis mengerti tentang trend desain, namun gagal mengerti kebutuhan kliennya. Akhirnya, banyak klien merasa percuma membayar mahal untuk sesuatu yang abstrak bahkan kebutuhan mereka tak dapat terpecahkan.

Software-software yang biasa digunakan oleh para desainer grafis

1. Adobe Photoshop
Software pertama yang banyak digunakan dalam dunia desain grafis adalah Adobe Photoshop. Adobe Photoshop memiliki keunggulan dalam digital imaging seperti memanipulasi foto, mengganti latar belakang, menghasilkan gambar tiga dimensi, membuat rancangan desain web dan masih banyak lagi.
Pada awalnya kamu mungkin akan merasa sedikit kesulitan karena kamu masih asing dengan softwarenya. Namun, seperti yang telah disampaikan di atas, kamu harus memiliki yang namanya kesabaran. Perlahan tapi pasti, asalkan tekun, kamu pasti akan dapat menguasai Adobe Photoshop.
2. Adobe Illustrator
Berikutnya, ada Adobe Ilustrator, sebuah software desain yang memiliki kekuatan khusus untuk membuat desain vektor. Desain apa saja bisa kamu buat, selama bentuknya adalah vektor, seperti logo, ilustrasi, ikon, packaging, dan lainnya.

3. Adobe In-Design
Adobe In-Design memiliki keunggulan untuk membuat layout mulai dari layout sederhana seperti flyer,brosur, kartu nama hingga layout yang kompleks seperti annual report, majalah, dan kategori buku lainnya yang memiliki banyak halaman.

4. CorelDRAW
CorelDRAW agak mirip fungsinya dengan Adobe Ilustrator karena sama-sama dirancang untuk membuat gambar vektor, file dari CorelDRAW ini juga dapat diekspor ke Adobe Ilustrator.



Tips belajar desain grafis yang perlu diperhatikan oleh pemula

Desain grafis memiliki prinsip-prinsipnya sendiri yang sebaiknya diikuti oleh desainer grafis pada saat membuat desain. Apa saja yang harus kamu perhatikan.
SELAMAT BELAJAR TEMAN-TEMAN

Comments

Popular Posts